Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer - Hallo sobat Caranya Gini, Pada Artikel yang kamu baca kali ini dengan judul Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial Jaringan Komputer, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer
link : Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Baca juga


Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian Firewall pada Jaringan Komputer - Firewall adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mencegah akses yang tidak dikenali ke dalam jaringan pribadi. Diera perkembangan jaringan komputer yang semakin maju maka pokok permasalahan yang paling sering terjadi adalah maraknya pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kebanyakan dari mereka mengincar data pribadi dari pemilik akun untuk dijual atau dipergunakan tidak sebagaimana mestinya.

Firewall sendiri bisa berupa perangkat keras atau perangkat lunak, ataupun kompbinasi dari perangkat lunak dan perangkat keras. Firewall akan bekerja jika ada akses tak dikenali yang masuk ke dalam sistem sehingga apabila ada orang yang berusaha untuk masuk secara paksa maka akan diblokir oleh firewall. Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan yang bergerang di bidang IT Support yang menyediakan firewall untuk sistem keamanan kita.

Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer


Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

Pada dasarnya firewall berfungsi untuk melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak dikenali. Untuk lebih jelasnya berikut adalah poin-poin fungsi dari firewall pada jaringan komputer

1. Berfungsi Sebagai Pos Keamanan Jaringan

Seperti halnya sebuah pos keamanan maka setiap lalu lintas yang masuk ke dalam sistem akan dilakukan pemeriksaan oleh firewall dan manganalisanya apakah paket data tersebut boleh lewat atau tidak.

2. Berfungsi mencegah kebocoran data

Firewall kebanyakan akan dipasang pada File Transfer Protocol (FTP), sehingga setiap lalu-lintas data dalam jaringan dapat dikendalikan oleh firewall.

3. Berfungsi Untuk Mencatat Aktifitas Pengguna

Setiap kali ada pengguna yang akan mengakses data, pengguna jaringan akan melalui firewall yang kemudian firewall tersebut akan melakukan pencatatan akses masuk sebagai dokumentasi (log files) yang di kemudian hari bisa dibuka catatannya untuk mengembangkan sistem keamanan. Firewall mampu mengakses data log sekaligus menyediakan statistik mengenai penggunaan jaringan.

4. Memodifikasi Paket Data yang Datang

NAT atau Network Address Translation digunakan untuk menyembunyikan sebuah IP adress, sehingga membuat user mampu mengakses internet tanpa IP adress publik, yang sering juga disebut dengan istilah IP masquerading.

5. Mencegah Modifikasi Data Pihak Lain

Firewall akan memberikan keamanan pada sistem untuk mencegah modifikasi data.


Demikianlah Artikel Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Sekianlah artikel Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. jangan lupa untuk membaca postingan artikel lainnya.

Kamu sedang membaca artikel Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer dengan alamat link https://www.carame.my.id/2019/07/pengertian-dan-fungsi-firewall-pada.html