Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan - Hallo sobat Caranya Gini, Pada Artikel yang kamu baca kali ini dengan judul Karakteristik Sistem Operasi Jaringan, kami telah mempersiapkan artikel ini untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel laptop, Artikel Teknologi, Artikel Tutorial, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Karakteristik Sistem Operasi Jaringan
link : Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Baca juga


Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan - Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) merupakan sebuah jenis dari sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan jaringan komputer sehingga komputer server mampu melayani komputer-komputer client dengan sangat baik. 

Umumnya, sistem operasi jaringan ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna di dalam jaringan komputer, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.

Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Fungsi utama dari sistem operasi jaringan adalah sebagai pengelola sumber daya jaringan dan memberikan layanan terhadap komputer client. Adapun beberapa karakteristik dari sistem operasi jaringan adalah sebagai berikut:

a. Pusat kendali sumber daya jaringan

Sistem operasi jaringan akan terinstal pada komputer server yang memungkinkan untuk dapat melakukan kendali terhadap sumber daya dalam jaringan.

b. Akses aman ke sebuah jaringan

Sistem operasi jaringan merupakan akses aman ke sebuat jaringan karena sistem operasi jaringan akan dibekali dengan sistem security yang lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi biasa.

c. Mengizinkan remote user terkoneksi ke jaringan

Sistem operasi jaringan mampu melakukan remote terhadap user dalam jaringan. sehingga memudahkan teknisi untuk dapat melakukan remote komputer client.

d. Mengizinkan user terkoneksi ke jaringan lain (misalnya Internet)

Dengan adanya sistem operasi jaringan memungkin kita untuk bisa menghubungkan komputer-komputer client agar dapat terhubung ke internet. selain itu kita juga bisa mengontrol user mana saja yang bisa terhubung ke jaringan internet.

e. Back up data dan memastikan data tersebut tersedia

Sistem operasi jaringan dapat melakukan backup data dan memastikan data tersebut ada.

Sistem Operasi Jaringan

Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
  • Microsoft MS-NET
  • Microsoft LAN Manager
  • Novell NetWare
  • Microsoft Windows NT Server
  • GNU/Linux
  • Banyan VINES
  • Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris


Demikianlah Artikel Karakteristik Sistem Operasi Jaringan

Sekianlah artikel Karakteristik Sistem Operasi Jaringan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. jangan lupa untuk membaca postingan artikel lainnya.

Kamu sedang membaca artikel Karakteristik Sistem Operasi Jaringan dengan alamat link https://www.carame.my.id/2019/03/karakteristik-sistem-operasi-jaringan.html